Sunday, March 16, 2014

Kisah Barseso Yang Terkena Tipu Daya Setan

Kisah Barseso Yang Terkena Tipu Daya Setan - Dahulu ada seorang ulama yang terkenal dimana-mana. Mampu berjalan diatas permukaan air karena sangat sholeh. Namun akhir hayatnya tidak cukup baik, karena terkena tipu daya setan yang menyamar seperti manusia.
Suatu hari masuklah setan yang menyamar dan menyerupai seperti pemuda yang ingin belajar. Setelah diterima pemuda itu langsung masuk kedalam kamar tempat dia beristirahat. Tidak ada yang mengetahui bahwa pemuda itu sebenarnya adalah setan yang menyerupai manusia. Hanya Allah SWT yang maha tahu segala yang terjadi dilangit maupun dibumi.
Kisah Barseso Yang Terkena Tipu Daya Setan

Sang santri itu tidak keluar kamar sekalipun selama 3 hari 3 malam. Dan membuat heboh dikalangan penghuni pesantren tersebut. Sepanjang titik tempat pesantren, banyak sekali yang membicarakan pemuda tersebut. Hingga akhirnya terdengar oleh ulama pimpinan pondok pesantren.

Sang ulama tersebut merasa penasaran dengan pemuda itu. Lalu hendak mengunjungi kamar dimana tempat anak muda itu beristirahat. Setelah sampai di depan pintu kamar sang ulama mengetuk pintu dan memberi salam.
Kyai Barseso : Assalamua'laikum
Pemuda : Wa'alaikumussallam.
Kyai Barseso : wahai anak muda, kenapa kau tidak keluar kamar selama 3 hari 3 malam? Senantiasa beribadah kepada Allah. Amalan apa yang membuat kamu kuat melaksanakan ibadah seperti ini.
Pemuda : Dahulu aku melakukan dosa besar, jadi aku khusuk untuk tobat. Apabila kyai mau merasakan nikmatnya beribadah dengan khusyuk, kyai harus melakukan dosa terlebih dahulu.
Kyai Barseso : Dosa besar apa yang pernah kau perbuat?
Pemuda : Membunuh manusia !!! Kyai harus membunuh terlebih dahulu, baru nanti akan menikmati nikmatnya beribadah.
Kyai Barseso : Membunuh itu dosa besar. Saya tidak ingin melakukannya.
Pemuda : Bagaimana kalau berzina?
Kyai Barseso : apa kamu bercanda anak muda? Mau dibilang apa nanti saya ini? Masa seorang kyai berzina.
Pemuda : bagaimana jika meminum minuman keras? Itu yang paling ringan menurutku.
Kyai Barseso : baiklah, tidak seberat dosa membunuh dan berzina.
Pemuda : nanti malam datang ya kyai ke kamar saya. Akan saya bawa kyai ke tempat minuman. Setelah berbuat maksiat kyai akan lebih khusyuk dan nikmat dalam ibadah.

Kyai Barseso dan Pemuda tersebut bertemu

Akhirnya pemuda dan ulama tersebut pergi ke tempat hiburan malam. Pemuda itu dan kyai masuk ke sebuah kamar kecil untuk meminum hammar (minuman keras). Dan datanglah seorang wanita membawa minuman keras dan menemani tamu yang datang.

Setelah meminum terlalu banyak, kyai itu menjadi mabuk dan tidak terkontrol akal fikirannya. Tanpa diduga karena sangat banyak menghabiskan minuman keras, sang kyai itu memperkosa wanita tersebut. Karena takut ketahuan orang banyak dia memperkosa, akhirnya kyai juga membunuh wanita tersebut.

Sekali mendayung 2 sampai 3 pulau terlewati. Setan tersebut tersenyum karena berhasil menipu sang kyai itu. Padahal meminum minuman keras itu adalah sumber dari kejahatan. Semua dosa dan maksiat dimulai dari minuman keras. Jangan pernah mencoba, walaupun hanya sedikitpun.

Setiap yang membuat kesalahan wajib mempertanggung-jawabkan perbuatannya. Setelah melakukan hal itu sang kyai ditangkap masyarakat dan seterusnya diserahkan ke pihak berwajib. Terlihat sekali penyesalan diwajah kyai tersebut.

Di dalam persidangan hakim memutuskan untuk melakukan hukuman gantung. Setimpal dengan perbuatannya yang telah memperkosa dan membunuh. Sang kyai itu sangat ketakutan sekali karena akan dihukum gantung beberapa hari lagi.

Detik-detik dihari penggantungan. Lagi-lagi setan itu menawarkan sesuatu tawaran yang diluar batas akal normal. Setan itu menawarkan keselamatan dari penggantungan kepada kyai itu. Terjadilah percakapan singkat sebelum kyai itu pulang dan kembali kepada Allah SWT.
Pemuda : sebentar lagi kyai akan digantung untuk menebus dosa-dosa. Namun jangan takut saya punya jalan keluarnya.
Kyai Barseso : apakah yang saya harus lakukan? (Dengan nada ketakutan)
Pemuda : kyai harus memberikan isyarat saat sebelum digantung , bisa iyaa atau tidak. Apabila iya kyai akan selamat dan kebal walaupun digantung. Namun jika tidak, kyai akan meninggal dengan hina.
Kyai Barseso : untuk apa saya berisyarat?
Pemuda : kyai harus bersaksi bahwa tiada Tuhan selain saya, karena akan menyelamatkan nyawa kyai. (astagfirullah)
Tibalah waktu penggantungan, kyai tersebut sudah siap digantung. Menunggu algojo menarik bangku yang digunakan untuk berdiri. Sebelum digantung pemuda itu memberi isyarat kepada kyai tersebut untuk mengakui tiada tuhan selain pemuda itu.

Alangkah bodohnya ketika manusia sudah sangat ketakutan menghadapi kematian. Akhirnya kyai itu berisyarat menyetujui dengan tanda menganggukan kepalanya. Karena saat ketakutan akan mati, dia mempercayai pemuda itu bisa menyelamatkannya dari hukuman gantung. Seketika kyai itu mati tanpa membawa iman setelah digantung.

Cerita diatas dapat kita simpulkan, bahwa siapapun bisa terjebak dalam kubangan lembah hitam sebagai tipu daya setan. Minuman keras itu adalah sumber dari kejahatan atau maksiat. Seorang kyai pun bisa tersesat karena setan yang menggoda juga level tinggi.

Cerita ini adalah legenda wali yang terkena tipu muslihat setan yang pernah di sampaikan oleh guru ngaji saya. Sebagai renungan untuk kita semua dan semangat berbagi ilmu kepada sahabat pembaca blog ini. Apabila ada kesalahan dalam penulisan harap dikoreksi. Semua yang baik datangnya dari Allah SWT, namun yang keliru itu adalah kebodohan diri saya.

Judul: Kisah Barseso Yang Terkena Tipu Daya Setan; Ditulis oleh ACL Toni; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Post a Comment

DILARANG MEMBERIKAN LINK HIDUP DI BADAN KOMENTAR